Jumat, 07 Agustus 2015

Mogok Sekolah :(

Minggu ini adalah minggu kedua Ahswin mulai skul di TKA. Tahun lalu juga sudah mulai PG di skul yg sama dgn yang skr. Waktu PG dulu semua berjalan lancar.. Memang awal - awal skul minta ditunggu dulu di sekolah, kebetulan waktu itu saya masih cuti melahirkan adiknya jadi bisaa hampir tiap hari antar jemput dia sekolah. Tapi tidak lebih dari 2 minggu dia sudah mulai bisa beradaptasi di sekolah dgn Bundanya (bu guru) dan teman - temannya, dan sampai akhir Tahun Ajaran pun semua berjalan mulus. Nah pas mulai TK ini koq mulai ada "drama - drama" yah... Mulai drtd pagi Ashwin mulai mogok sekolah padahal pas bangun pagi ga crunky tuh biasa2 aja bercanda dan ga ada rewel, tapi koq pas habis mandi, pas mau pake baju dia bilang "Bu, Ashwin ga mau sekolah, mau dirumah aja mainan sama adik Dhiwa". Degg... kaget juga dengernya, krn selama ini saya tau sifat Ashwin yang lebih cepat bisa beradaptasi di lingkungan baru dan lebih enjoy dengan orang - orang baru dibandingkan adik-adiknya. Trus saya tanya kenapa ga mau sekolah, lalu dia jawab masih dengan muka malas dan sendu "Ga mau sekolah mau di rumah aja". Okelah... saya tarik nafas panjang dulu biar ga langsung emosi krn jam udah menunjukkan pukul 06.35 jadi ga ada waktu lagi berdebat... Saya berusaha membujuk lagi, lagi, dan lagi dgn segala rayuan hehe.. Saya pikir kalo memang tetap ga mau sekolah ya sudah saya tidak paksa toh masih TKA ini, tapi di lain sisi saya mikir kalo sekali dikabulkan untuk ga sekolah nanti akan keterusan donk kayak gini. Nanti dia mikir bahwa sekolah itu ga penting, dgn ngambek dan merengek-rengek pasti dikabulkan sama ibu.. Ohh Nooo....

Setelah dibujuk rayu sana sini sama saya, Bapaknya dan Mba pun ikut ngerayu akhirnya dia mau juga berangkat sekolah walaupun dengan malas - malasan. Sampai mau masuk ke mobil dan salim sama Pekak (kakeknya) dan Nini (neneknya) pun masih setengah hati. Daann suami pun ada ide bawa Barong mainan Ahswin ikut ke mobil dengan alasan ekornya mau diperbaiki, dengan catatan Barong ga bole ikut masuk kelas,,, hwehehehe... Yaahhh lumayan bikin dia sedikit lebih bersemangat dr sebelumnya... Tapi tetep aja selama perjalanan ke skul masih agak malas2an. Sampe sekolah sih biasa saya antar sampai depan kelas di sambut sama Bunda-nya, salim, trus saya tinggal langsung menuju kantor... Tapiii jujur sajaaa hati ini masih meng-galaauuu.... Weehhhh udah kayak abegeh aja nih hihihi......

Sampai dikantor masih kepikiran juga kenapa ya anak itu koq tiba-tiba jadi males2an gitu, koq malah jadi mogok sekolah.... Yang ada dlm perkiraan saya adalah : 

1. Bosan
    Iya mungkin aja dia bosan, dulu waktu PG kan dia cuma skul 3 x seminggu kalo skr kan udah tiap hari dr Senin - Sabtu dr jam 07.30 sampe 10.00. Soalnya bbrpa hari ini dia sempat nanya :
Ashwin : "Bu, kapan Ashwin libur ?"
Ibu : "Nanti hari minggu baru libur. 
Ashwin : "Minggu itu kapan ?? Besok ya buu... ?"
Ibu : "Gak sayang, hr minggu itu kan 3hr lagi, skr baru kamis" (sambil coba mengalihkan perhatian dia biar ga merengek terus)
Ashwin : "................." (ga bisa jawab apa-apa hehee...)
     Jadi ya gitu mungkin aja dia bosan sekolahnya udah tiap hari sedangkan dia udah cepet-cepet pengen libur, pengen main bareng adik2nya, sama temen-temennya. 

2. Capek 
    Kemungkinan juga dia capek, karena memang jarak dr rumah ke sekolahnya lumayan jauh skitar 45menit dr rumah. Knapa koq jauh-jauh sekolahnya toh juga masih jenjang Kindergarten alias masih TK ? Iya alasannya krn kalau deket rumah belum ada Playgroup/TK yang bagus, yang terprogram, dan yg terpenting sekolah deket rumah saya liat muridnya terlalu banyak bisa 25 sampe 30org satu kelas. wow.. saya pikir anak2 umur segitu memang harus ektra perhatian, krn masa2nya mereka ingin tahu segala hal, ingin selalu diperhatikan. Bukannya saya meremehkan lho, cuma kalau msh ada yang lebih baik menurut kita, why not ??. Trus selain itu, sekolah Ahswin yg skr ada di tengah2 artinya deket sama kantor saya dan suami dan deket sama rumah Plawa (rumah saya wktu gadis), jadi kalo kami ga bisa jemput, masih ada kakak, ipar atau ponakan yg bisa dimintain tolong jemput Ashwin. Pulang sekolah pun Ashwin lebih sering di Plawa sama ipar saya dan sepupu2nya, setelah sore br kita jemput langsung pulang. Jadi disana dia udh bisa tidur siang dan mandi. Menurut saya apa dia capek ya bolak balik PP tiap hari gitu ?? HHmmm... Tapi kalo di rumah nanti jemput siapa donk ? Mertua cewek ga bisa naik motor apalagi mobil, bapak mertua jaga toko, si Mba udah sibuk ngurus Trisha dan Dhiwa.. Nahhh lhoo... bingung lagi kita.. hikss... 

3. Ga Nyaman 
     Perkiraan yang ketiga adalah kemungkinan ada yang membuat dia ga nyaman di sekolah, temannya mungkin, atau gurunya ?? Yahh... bbrp hari kmrn juga dia sempat bilang kalo skr di sekolahnya ada guru cowok ngajar melukis dan megambel (musik), dia bilang ga mau sama pak guru, takut katanya... waahhh... Memang selama di PG dia selalu di ajar sama Bunda, kalo pak guru cuma ngajar anak TK aja... Hmmm apa mungkin krn itu yah dia ga nyaman. Jadi tiap ke sekolah pikiran dia ntr ketemu pak guru itu.. 

Yaahhh itu deh kira2 yang ada di pikiran saya, beberapa alasan yang mungkin bikin Ashwin males/mogok sekolah. Belum dapet diskusi juga sama suami. Dan ntr kalo udah agak santai, pelan2 ngbrol sama Ashwin kira2 apa yg buat dia kayak gitu... 

Jumat menggalaauuuu... hahahha..... Semoga ajaaaa ntr bisa kembali normal deh mood.nya Ashwin untuk sekolah lagi :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar